Rabu, 25 Agustus 2010

Cara Merawat Notebook

| Rabu, 25 Agustus 2010 | 0 komentar

Cara Merawat Notebook | Perawatan dan pemeliharaan notebook adalah menjadi perhatian utama, khususnya bagi kita yang menjadikan notebook sebagai barang kesayangan. Sebagai informasi rata-rata usia notebook mampu bertahan sampaio 2 tahun. Lalu bagaimana caranya agar notebook atau memiliki kinerja tetap optimal dan mampu bertahan lama hidupnya? Apa lagi saat ini banyak yang mengatakan bahwa notebook sangat rentan terhadap kerusakan. Berikut ada beberapa tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan notebook atau laptop kita dari kerusakan serta supaya umur notebook kita mampu bertahan lebih lama
1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.
Banyak sekali software-software gratis yang ada diinternet yang siap download. Sebagai contoh adalah antivirus, antivirus adalah merupakan software wajib yang harus ada dan selalu diupdate setiap waktu. Namun jika kita sampai salah menggunakan antivirus bisa jadi antivirus tersebut justru adalh merupakan sumber bencana bagi anda. Karena bisa jadi antivirus gratis yang anda download sudah dimanipulasi serta disusupi oleh pembuatnya dengan Trojan yang akan menginformasikan data yang ada di notebook kita atau bahkan justru akan merusak system.
2. Jangan pernah meletakkan notebook di lantai.
Ketika notebook kita di lantai, maka resiko notebook terinjak sangat besar. Jadi jangan pernah meninggalkan notebook dilantai apalagi disaat ada anak kecil disekitarnya.
3. Biasakanlah Gunakan stabilizer
Hal ini dilakukan di saat kita menggunakan notebook dirumah saat menggunakan notebook tanpa battere, karena notebook sangat rentan terhadap arus listrik yang tidak stabil.
4. Jangan meletakkan benda apapun di antara keyboard dan layar notebook.
Seringkali seseorang yang menggunakan notebook, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard notebook, kemudian menutupnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar (kecuali kain khusus untuk penutup LCD). Tentunya kita tidak ingin mengganti layar notebook gara-gara tergores bukan?
5. Jangan meletakkan notebook pada permukaan yang terlalu empuk.
Misalnya notebook kita letakkan pada sofa, sehingga notebook menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam notebook dan menjadikan notebook kita over heat.
6. Berhati-hatilah ketika membawa notebook di dalam tas.
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa notebook. Gunakan tas yang memang digunakan untuk notebook sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada notebook. Selain itu usahakan untuk melepas battere saat kita membawa notebook didalam tas untuk bepergian.
7. Jangan pernah minum, makan atau meletakkan benda cair disekitarnya.
Notebook sangat peka terhadap cairan yang mengenainya. Jika sampai terkena cairan maka kemungkinan besar akan terjadi korsleting terhadapmkomponen yang ada didalamnya yang tentunya akan menjadikan kerusakan yang parah, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.
8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar notebook sendiri.
Bagi yang belum pernah, jangan sekalipun kita membuka notebook tanpa adanya pengetahuan tentang cara-cara membongkar notebook. Notebook sangatlah rentan. Bagian-bagiannya sangatlah kecil, jika kita ceroboh bisa jadi kita bisa membongkar namun kita tidak mampu untuk mengembalikannya.
9. Proses charge battere
Jangan terlalu sering atau terus-menerus mencharge battere notebook. Jika hal ini dilakukan maka kemungkinan besar battere akan cepat drop.
10. Menggunakan notebook
Jangan menggunakan notebook terlalu lama, usahakan dalam beberapa jam notebook diistirahatkan. Jangan terlalu sering bermain game menggunakan notebook. Notebook bukanlah computer yang mana kita bisa mengunakannya sesuka hati.

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Merawat Notebook dan anda bisa menemukan artikel Cara Merawat Notebook ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2010/08/cara-merawat-notebook.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Merawat Notebook ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Merawat Notebook sumbernya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com