Langsung ke konten utama

Daftar Software Program Komputer Linux dan Windows

Salah satu kesulitan terbesar ketika melakukan perpindahan (Migrasi) dari sistem operasi Windows ke Linux adalah permasalahan minimnya pengetahuan kita tentang software yang sering atau biasa kita gunakan sehari-hari. Biasanya orang akan mencari software Windows yang menggunakan analogi Linux, walaupun seringkali para user linux tidak dapat menjumpai kebutuhan mereka yang disebabkan minimnya pengetahuan tentang sistem pemrogaman pada Windows. Tabel berikut ini mudah-mudahan dapat sedikit membantu kita yang akan atau sudah melakukan migrasi dari Windows ke Linux untuk menemukan software-software yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tabel ini selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan aplikasi software yang terus diperbaharui setiap saat.


Apabila anda ingin berpartisipasi dalam program ini untuk menambah sejumlah aplikasi yang relevan, silahkan mengirim email anda ke winlintable[a]linuxrsp.ru dengan mencantumkan nama programnya, Sistem Operasi, penjelasan program (misalnya tujuan program tersebut), dan sebuah link ke official website dari developer program tersebut (bila mengetahuinya). Komentar-omentar, perbaikan, penawaran dan pelaporan terhadap adanya celah atau kelemahan (Bug) juga dapat dikirimkan melalui email iniwinlintable[a]linuxrsp.ru.

Catatan :
  1. Secara default semua program Linux pada tabel ini adalah bebas/fratis sebebasnya |Free as in freedom (Definisi dari Free Software : FSF and Debian). Software yang cocok dengan Linux ditandai dengan [Prop]. Software yang tidak gratis - Non-free software (secara umum opensource bebas/gratisan, tetapi mempunyai batasan tertentu) ditandai dengan [NF].
  2. Apabila tidak ada satupun field dalam tabel, kecuali "???" maka berarti sang pengarang tabel tidak mengetahui apa yang harus diletakkan disitu.
  3. Apabila tanda (???) terletak setelah nama program maka berarti sang pengarang tabel tidak tahu pasti tentang programnya tersebut.
Perbedaan mendasar antara Windows dan Linux 

Hampir semua program-program Windows dibuat berdasarkan prinsip "All-in-One", dimana masing-masing developer software membuat source code mereka sendiri-sendiri, prinsip ini sering disebut dengan "Windows-way". Sedangkan pada Unix/Linux , sebuah komponen atau suatu program harus mengeksekusi satu tugas saja, tetapi dengan pengeksekusian yang baik ("UNIX-Way"). Program-program yang dibuat bagi Linux dapat dibayangkan sebagai sebuah blok dari bangunan LEGO, contohnya jika ada sebuah program untuk memeriksa ejaan maka program inipun dapat digunakan oleh program text editor atau email client; atau jika ada sebuah program untuk medownload dalam bentuk baris-baris perintah (command lines program) maka secara sederhana orang dapat pula membuat sebuah program seperti ini berdasarkan visualisasi /desktop/Front-End (graphic interface program). Prinsip-prinsip ini sangat penting untuk diketahui disaat kita hendak mencari suatu analogi dari program-program Windows pada Linux. Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca bukunya "Linux and the Unix Philosophy" yang pada salah satu babnya membahas secara khusus mengenai filosofi perbedaan diantara Windows dan Linux ini. 

Bagi yang tertarik dalam software-software Windows :

1) Pada baris Windows pada tabel ini bukanlah yang Utama, itulah mengapa sebabnya tabel ini secara absolute tidak berisi seluruh software yang ada, akan tetapi hanya berisi daftar software yang terkenal dan terbaik saja.

2) Banyak program-program Linux yang dapat dijalankan pada Windows baik itu dengan menggunakan CygWin maupun dengan Emulator Linux lainnya.

Tempat untuk mendapatkan software Linux :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Latihan Memperbaiki Tulang Punggung Belakang Bungkuk

Beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa menjadi faktor seseorang memiliki postur tubuh yang kurang cantik. Sehingga ini membuat penampilan Anda menjadi kurang cantik dan terkadang membuat Anda menjadi malu dan tidak percaya diri.
Postur tubuh yang buruk ini biasanya disebabkan oleh cara duduk yang salah, sering membawa tas berat, tidur dengan bantal tinggi, sering menggunakan sepatu hak tinggi atau kelebihan berat badan. Dengan postur tubuh yang buruk akan menimbulkan beberapa efek seperti sakit pinggang, nyeri pada punggung dan juga mudah lelah.
Ini semua bisa Anda perbaiki dengan latihan ringan untuk menjadikan penampilan kembali menarik dan membuat Anda percaya diri, sbb tips-tipsnya:

Pertama. Melakukan beberapa latihan peregangan (streching) secara teratur untuk membantu melebarkan bahu sehingga tidak condong ke depan dan dapat meningkatkan fleksibilitas.

Kedua. Latihlah berdiri dan duduk dengan posisi tulang belakang lurus serta letak pundak dan bahu yang tegak dengan kedua tela…

Cara Melacak Nomor Handphone (No. HP) Seseorang

Jika kamu sering dimisscall orang, di isengin orang MARAH! Kamu bisa mengecek lokasi mereka, mendeteksi di daerah mereka tinggal, kota penelpon kita . .
Silahkan pakai HLR Lookup Search

Nah disitu kita tinggal memasukkan no telepon yang mau kita lacak lalu klik search.
Berikut Daftar Operator yang dapat dideteksi : 1. Telekomunikasi Selular [Kartu Halo, Simpati, Kartu AS] 2. Indosat (Cellular) [IM3, Mentari, Matrix] 3. Indosat (Fixed) [Starone] 4. Excelcomindo Pratama [XL] 5. Hutchison CP Telecommunications [Three] 6. Natrindo Telepon Seluler [Axis] 7. Bakrie Telecom [Esia] 8. Telekomunikasi Indonesia [PSTN, Flexi] 9. Mobile-8 Telecom (Cellular) [Fren] 10. Mobile-8 Telecom (Fixed) [Hepi] 11. Smart Telecom [Smart] 12. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia [Ceria] 13. Pasifik Satelit Nusantara [Byru]
NB: Kelemahan HLR Lookup yaitu : lokasi yang dapat dilacak hanya lokasi pendaftarannya saja. Jadi kalo pemilik HP uda lari ke tempat lain ya nda bekal ketemu deh
Hasil deteksinya pun Sangat Akurat.

Ini adalah has…

Menambah Font Style pada MS Office

Menambah Font Style pada MS Office | Font-font pada Ms Office, misalnya Word, Powerpoint, dan Excel memiliki berbagai macam Font Style. Namun, font style bawaan mereka terlalu sedikit dan monoton atau terlalu simpel. Jadi, jika ingin membuat dokumen dengan font style yang lebih stylish kita harus menambahkannya sendiri. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah.



Pertama download dulu font style nyadisini.
Karena file nya berbentuk .RAR maka harus di ekstrak terlebih dahulu.Buka foldernya, kemudian Select all dengan cara menekan tombol CTRL+A pada keyboard, lalu copySelanjutnya, klik start pada windows>Control Panel>Paapearence and Personalization>FontLalu paste file tadi di situ. SELESAI!!! Anda dapat mengeceknya dengan membuka MS Offici. Font ini akan otomatis tersimpan pada windows, jadi sebenarnya tidak hanya menambah font style pada Ms Office saja, namun juga akan menambah font style pada setiap program yang menggunakan teks. Misalnya Photoshop. Corel, dan lain-lain...