Langsung ke konten utama

Enam Sumber Karbohidrat yang Bikin Langsing

Selama bertahun-tahun, makanan mengandung karbohidrat menjadi momok yang menakutkan bagi wanita yang mendambakan tubuh langsing. Nasi, roti, pasta, kentang dianggap makanan yang mengandung karbohidrat dan menyebabkan kegemukan.


Namun, kini Anda tak perlu lagi khawatir gemuk, jika tergoda untuk mengonsumsi karbohidrat. Menurut metode diet dalam buku The Lover's Diet Carb yang ditulis oleh editor kesehatan dan ahli diet, Ellen Kunes, ada teknik jitu agar karbohidrat dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan membakar kalori lebih banyak.

Dalam metode diet ini, Ellen justru menyarankan untuk mengonsumsi spageti dan kentang. Meski bertentangan dengan aturan diet, penelitian menunjukkan bahwa tidak semua karbohidrat buruk. Faktanya, beberapa makanan berkarbohidrat mengandung zat yang disebut pati resisten. Zat ini, bila dikonsumsi dalam jumlah besar justru bekerja aktif mendorong penurunan berat badan. 

Pati resisten ditemukan dalam makanan, seperti pisang, gandum, kacang-kacangan dan kentang. Disebut pati resisten karena bermanfaat membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Perjalanan pati melalui sistem pencernaan hampir utuh, menghasilkan asam lemak yang merangsang pelelehan enzim lemak terutama di daerah perut, mendorong liver untuk membakar lemak, mempertahankan massa otot sehingga memicu metabolisme serta meningkatkan hormon kenyang.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, penelitian di AS menemukan bahwa banyak efek buruk dari diet rendah karbohidrat. Rata-rata wanita yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat memiliki memori yang lebih buruk dibanding mereka yang tetap mengonsumsi karbohidrat.

Frances Largeman-Roth, yang juga penulis buku The Lover's Diet Carb mengatakan, jaminan penurunan berat badan dengan metode ini lebih cepat namun bisa memberi efek jangka panjang. Ellen dan Roth percaya diet Atkins, dengan metode mengonsumsi makanan rendah karbohidrat sulit didikuti, tidak alami dan tidak efektif secara jangka panjang. Menurutnya, tubuh dan otak telah berevolusi untuk makan makanan bertepung dan tak bisa ditahan.

“Menghindari karbohidrat adalah melawan evolusi, ini merupakan perlawanan yang sia-sia,” kata Largeman-Roth

Kunes dan Largeman-Roth telah merancang dan menguji diet yang menjanjikan penurunan berat badan tanpa penolakan karbohidrat ini, dengan bertumpu pada pati resisten. Mereka mengutip lebih dari 200 studi di berbagai universitas ternama di seluruh dunia. Kesimpulan banyak penelitian pati resisten merupakan penekan nafsu makan yang efektif dan pembangkit metabolisme.


Penelitian di University of Surrey menemukan bahwa mengonsumsi pati resisten dalam satu hidangan menyebabkan seseorang mengonsumsi 10 persen kalori lebih sedikit pada hari berikutnya, karena merasa tak terlalu lapar. Rata-rata, wanita mengonsumsi sekitar 150 sampai 200 kalori.

Studi lain menunjukkan bahwa pati resisten meningkatkan aktivitas enzim pembakar lemak dan mengurangi aktivitas enzim penyimpan lemak. Ini berarti, sel-sel lemak perut kurang aktif untuk mengambil dan menyimpan kalori menjadi lemak.

Hasilnya menunjukkan, bahwa menambahkan pati resisten pada makan pagi cukup untuk mengikis lemak dalam tubuh. Hal ini memungkinkan Anda untuk membakar hampir 25 persen kalori lebih banyak per hari.

Sebagian besar dari kita secara alami mengonsumsi sekitar 4,8 gram pati resisten sehari. Tetapi, penulis percaya meningkatkan asupan pati resisten sampai sepuluh kali, menjadi 15 gram sehari, cukup untuk memicu penurunan berat badan lebih cepat .

“Jika diet ini dilakukan selama tujuh hari, kami menjamin berat badan bisa turun lebih cepat.”

Berikut enam makanan berkarbohidrat yang mengandung pati resisten dan bisa membuat tubuh lebih langsing:

1. Pisang
Pisang merupakan sumber terkaya pati resisten. Mereka juga kaya serat penekan selera makan dan mengandung zat asam amino triptofan. Zat tersbut akan dikonversi menjadi bahan kimia serotonin yang menenangkan otak untuk membantu Anda lebih rileks dan memperbaiki mood.

2. Kacang-kacangan
Hampir setengah pati berasal dari kacang-kacangan, yang juga kaya akan serat. Sebuah studi di Kanada menemukan bahwa orang yang makan kacang secara teratur, berat badannya cenderung berkurang dan memiliki pinggang yang lebih kecil. Lalu, kemungkinan mengalami kenaikan berat badan jadi berkurang sebanyak 23 persen.

3. Kentang
Selain mengandung serat dan pati resisten, kentang adalah sumber alami inhibitor proteinase. Yaitu bahan kimia alami yang meningkatkan hormon kenyang dan menekan nafsu makan.

4. Polenta
Ini adalah tepung jagung yang dimasak secara alami. Mengandung pati resisten yang tinggi, juga kaya akan serat dan mengandung protein.

5. Beras merah
Beras merah dicerna oleh tubuh secara lebih lambat dibandingkan beras putih. Sehingga membuat kenyang lebih lama. Sebuah studi juga menemukan bahwa kadar gula darah diketahui 24 persen lebih rendah pada orang yang makan beras merah daripada mereka yang makan beras putih.

6. Barley 
Ini adalah jenis gandum yang banyak dikonsumsi warga Eropa. Gandum ini kaya akan pati resisten dan mengandung serat yang bisa mengurangi nafsu makan dan membantu proses pencernaan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Latihan Memperbaiki Tulang Punggung Belakang Bungkuk

Beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa menjadi faktor seseorang memiliki postur tubuh yang kurang cantik. Sehingga ini membuat penampilan Anda menjadi kurang cantik dan terkadang membuat Anda menjadi malu dan tidak percaya diri.
Postur tubuh yang buruk ini biasanya disebabkan oleh cara duduk yang salah, sering membawa tas berat, tidur dengan bantal tinggi, sering menggunakan sepatu hak tinggi atau kelebihan berat badan. Dengan postur tubuh yang buruk akan menimbulkan beberapa efek seperti sakit pinggang, nyeri pada punggung dan juga mudah lelah.
Ini semua bisa Anda perbaiki dengan latihan ringan untuk menjadikan penampilan kembali menarik dan membuat Anda percaya diri, sbb tips-tipsnya:

Pertama. Melakukan beberapa latihan peregangan (streching) secara teratur untuk membantu melebarkan bahu sehingga tidak condong ke depan dan dapat meningkatkan fleksibilitas.

Kedua. Latihlah berdiri dan duduk dengan posisi tulang belakang lurus serta letak pundak dan bahu yang tegak dengan kedua tela…

Cara Melacak Nomor Handphone (No. HP) Seseorang

Jika kamu sering dimisscall orang, di isengin orang MARAH! Kamu bisa mengecek lokasi mereka, mendeteksi di daerah mereka tinggal, kota penelpon kita . .
Silahkan pakai HLR Lookup Search

Nah disitu kita tinggal memasukkan no telepon yang mau kita lacak lalu klik search.
Berikut Daftar Operator yang dapat dideteksi : 1. Telekomunikasi Selular [Kartu Halo, Simpati, Kartu AS] 2. Indosat (Cellular) [IM3, Mentari, Matrix] 3. Indosat (Fixed) [Starone] 4. Excelcomindo Pratama [XL] 5. Hutchison CP Telecommunications [Three] 6. Natrindo Telepon Seluler [Axis] 7. Bakrie Telecom [Esia] 8. Telekomunikasi Indonesia [PSTN, Flexi] 9. Mobile-8 Telecom (Cellular) [Fren] 10. Mobile-8 Telecom (Fixed) [Hepi] 11. Smart Telecom [Smart] 12. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia [Ceria] 13. Pasifik Satelit Nusantara [Byru]
NB: Kelemahan HLR Lookup yaitu : lokasi yang dapat dilacak hanya lokasi pendaftarannya saja. Jadi kalo pemilik HP uda lari ke tempat lain ya nda bekal ketemu deh
Hasil deteksinya pun Sangat Akurat.

Ini adalah has…

Menambah Font Style pada MS Office

Menambah Font Style pada MS Office | Font-font pada Ms Office, misalnya Word, Powerpoint, dan Excel memiliki berbagai macam Font Style. Namun, font style bawaan mereka terlalu sedikit dan monoton atau terlalu simpel. Jadi, jika ingin membuat dokumen dengan font style yang lebih stylish kita harus menambahkannya sendiri. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah.



Pertama download dulu font style nyadisini.
Karena file nya berbentuk .RAR maka harus di ekstrak terlebih dahulu.Buka foldernya, kemudian Select all dengan cara menekan tombol CTRL+A pada keyboard, lalu copySelanjutnya, klik start pada windows>Control Panel>Paapearence and Personalization>FontLalu paste file tadi di situ. SELESAI!!! Anda dapat mengeceknya dengan membuka MS Offici. Font ini akan otomatis tersimpan pada windows, jadi sebenarnya tidak hanya menambah font style pada Ms Office saja, namun juga akan menambah font style pada setiap program yang menggunakan teks. Misalnya Photoshop. Corel, dan lain-lain...