Selasa, 21 Juni 2011

Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range)

| Selasa, 21 Juni 2011 | 0 komentar

Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range) |Untuk membuat foto HDR, pada dasarnya adalah penggabungan beberapa image (under, normal dan over exposure) menjadi sebuah foto High Dynamic Range. Akan tetapi apabila pada kamera kita tidak ada fasilitas untuk membuat foto dengan beberapa exposure sekaligus, kita bisa mengakali nya dari hanya sebuah foto saja.
Foto sebelum diolah HDR
Foto setelah di HDR
Yang anda perlukan adalah:
1 buah foto yang akan diolah menjadi HDR (format RAW atau .NEF), photoshop CS (saya menggunakan CS4), kalau tidak punya Photoshop bisa diganti dengan Adobe Camera Raw dan software Photomatix Pro.
Berikut adalah langkah demi langkah membuat foto biasa menjadi foto HDR.
1. Buka foto RAW anda di Photoshop CS. Biasanya akan otomatis dibuka menggunakan Adobe Camera RAW.
hdr-01
Kemudian, masih pada jendela adobe camera raw, pada bagian eksposure masukkan nilai (-2) untuk membuat foto menjadi under exposure. Nilai tersebut disesuaikan dengan kondisi foto dan keinginan kita, jadi tidak wajib (-2).
Kemudian pilih save image, beri nama file untuk setting (-2) tersebut. Pastikan file extension nya adalah .dng
hdr-02
Lakukan hal serupa diatas untuk settingan eksposure berbeda. –2, –1, 0, 1, 2 atau bisa juga
-2, –1.5, –1, –0.5, 0, 0.5, 1, 1.5, 2 dan simpan masing-masing eksposure tersebut menjadi file terpisah. Saya dalam contoh ini menggunakan pilihan yang kedua, sehingga sekarang saya memiliki 9 buah foto dengan eksposure dari –2 sampai dengan +2.
hdr-03
Setelah itu, buka software Photomatix Pro. Anda bisa mendownload software ini dari sini.
Di menu Photomatix Pro 3, pilih Generate HDR Images, lalu tekan browse untuk memilih 9 image yang dihasilkan dari proses Adobe Camera Raw tadi. Pilih semua fotonya dan tekan OK.
hdr-04
Kemudian akan muncul window baru untuk menentukan spacing exposure nya. Saya pilih 0.5 karena pada contoh ini saya menggunakan spasi exposure tiap 0.5. Lalu tekan OK
hdr-05
Kemudian akan muncul jendela lagi, yaitu Generate HDR Option. Tekan saja OK, kita menggunakan setting default nya. Tunggu beberapa saat komputer sedang memproses HDR. Hasilnya adalah seperti dibawah ini.
hdr-06
Masih kelihatan sangat buruk bukan? he he…kemudian tekan TONE MAPPING, dan lihat hasilnya.
hdr-07
Lakukan setting seperti strength, color saturation agar sesuai dengan keinginan. Untuk hasil lebih bagus lagi, silahkan save image tersebut, lalu lakukan finishing di Photoshop. Selamat Mencoba.

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range) dan anda bisa menemukan artikel Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range) ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2011/06/langkah-langkah-membuat-foto-hdr-high.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Langkah-Langkah Membuat Foto HDR (High Dynamic Range) sumbernya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com