Kamis, 23 Juni 2011

Cara Mengatasi Trouble Shooting di Komputer

| Kamis, 23 Juni 2011 | 0 komentar


Ada 3 masalah di komputer yang berhasil aku atasi dalam 1 bulan ini, yaitu permasalahan berupa (1) berkedipnya layar monitor sesaat sampai paling kronis adalah layar monitor mati total tetapi CPU tetap menyala, (2) harddisk yang bekerja dengan lambat, atau malah bisa dibilang sangat lambat, (3) shutdown Windows XP yang lama pada waktu status-nya “Saving your settings”. Ketiga solusi ini setelah aku lihat memang agak sulit untuk dicari jawabannya jadi aku posting saja di sini dengan harapan bisa membantu yang mengalami kejadian yang sama.

Untuk masalah pertama yaitu berkedipnya layar monitor sudah berlangsung sejak lama. Layar monitor sempat mati selama kurang dari 1 detik dan kemudian nyala lagi, seakan-akan monitor sedang mengganti resolusinya. Kejadian ini semakin hari semakin sering sampai suatu ketika layar menjadi mati total sedangkan CPU masih menyala, bahkan menekan tombol reset pada CPU tidak berpengaruh untuk me-reboot komputer. Diagnosis pertama adalah masalah driver, tetapi setelah dicoba dengan driver terbaru dari Nvidia ternyata tidak ada perubahan (VGA yang saya pakai waktu itu adalah GeForce 6600GT).


Setelah mencari-cari di Google, dan di sana banyak orang memberikan solusi, yang kemudian dilanjutkan dengan mencoba segala solusi itu, ternyata tidak ada yang berhasil dan layar masih berkedip. Bahkan seringkali mengesalkan karena ketika monitor mati, tidak ada aktifitas yang bisa dilakukan selain mencabut aliran listrik atau menekan tombol Power dengan paksa, baru bisa memulai aktifitas dengan komputer lagi dan bersiap-siap dengan masalah yang sama. Dengan begitu, banyak pekerjaan yang tidak sempat di-save.
Akhirnya setelah sempat putus asa aku menemukan jawaban dari salah satu forum diskusi melalui Google di mana seorang member-nya mengalami hal yang sama dan kemudian mengganti VGA card dan masalah pun hilang. Aku pun membeli VGA baru dan mencoba memasangnya di motherboard, dan alhasil kedipan hilang sama sekali.

Untuk masalah kedua, yaitu harddisk tiba-tiba melambat sampai tingkat yang mencengangkan, bahkan cuma 3 MB/s atau kurang. Sempat mencoba meng-copy file berjumlah 100 MB memerlukan waktu selama sekitar 2 menit.

Solusi yang banyak ditawarkan di internet melalui Google adalah melakukan pengecekan apakah ada service lain yang berjalan, ada antivirus yang memberatkan, virus yang menginfeksi harddisk, harddisk yang berumur terlalu tua, ada bad sector di harddisk, atau kabel harddisk yang bermasalah. Setelah mencoba menonaktifkan antivirus, kemudian menscan virus, dilanjutkan dengan melakukan scandisk dan pemeriksaan kabel IDE (harddisk yang digunakan masih menggunakan interface ATA, bukan SATA), ternyata tidak mengalami perubahan sama sekali. Harddisk tetap berjalan dengan lambat seperti sebelumnya.

Solusi yang tepat setelah sempat setengah mati mencari di internet adalah memeriksa apakah mode transfer harddisk berupa PIO atau UDMA-5 atau UDMA-2. Mode ini dapat diketahui melalui Control Panel > System > tab Hardware > tombol Device Manager dan memilih IDE ATA / ATAPI controllers. Di sini akan terdapat list controller IDE, coba untuk double clicksatu per satu antara Primary IDE Channel atau Secondary IDE Channel kemudian dilanjutkan ke tab Advanced Settings. Lihat Current Transfer Mode, apakah Ultra DMA Mode 5 atau PIO Mode. Bila PIO Mode maka ada kemungkinan kecepatan transfer Anda diturunkan oleh Windows karena terlalu banyak kesalahan CRC pada harddisk padahal PIO adalah mode yang paling lambat untuk harddisk. Coba untuk menghapus device tersebut dengan klik kanan dan memilih Uninstall, kemudian restart komputernya. Windows akan kembali mendeteksi Controller dan mengatur mode yang tepat yang seharusnya Ultra DMA Mode 5 untuk harddisk.

Masalah ketiga adalah shutdown atau restart komputer terasa sangat lambat dan hal ini berlangsung pada saat status menunjukkan Saving your settings. Bahkan dalam kasus yang aku alami, komputer dapat berhenti di status itu dalam waktu 2 menit atau lebih bila komputer digunakan lebih lama lagi.

Solusi yang banyak aku temukan di Google adalah penggunaan modem dengan konektor USB (bukan menggunakan ethernet), program antivirus yang terlalu berat, atau terdapat program atau service yang belum menutup atau hangs.

Solusi yang tepat yang berhasil aku temukan di salah satu forum yang merujuk pada permasalahan yang sudah dijelaskan pihak Microsoft hanya saja dengan keyword yang mungkin agak susah untuk digunakan. Aku mendownload UPHClean dari situs Microsoft dan kemudian segera menginstallnya di komputer yang bermasalah. Dan WOOOHOOO, masalah shutdown atau restart yang berlangsung seumur hidup berhasil dihilangkan. Permasalahan adalah karena saat shutdown, user profile tidak berhasil dimatikan. Solusi yang juga disebutkan adalah menekan tombol Ctrl di keyboard sambil melakukan shutdown.
Dengan selesainya ketiga masalah tersebut, maka komputer bisa dipakai seperti biasanya lagi dan tentunya menjadi lebih cepat. Hanya saja ada satu hal yang masih membingungkan sampai sekarang yaitu mengapa huruf N di keyboard komputer maupun laptop saya lebih cepat terkelupas dibandingkan dengan huruf lain? Mungkin ada yang tau permasalahannya? 

Tampaknya solusinya adalah menggunting kuku telunjuk kanan agar tidak terlalu panjang dan menyebabkan tombol N tertekan dengan kuku terus. Yah, kita lihat saja apakah memang benar ini solusi yang diperlukan. 

Tambahan note sedikit bahwa dulu aku pernah mengalami masalah juga dengan monitor yaitu gambar monitor agak blur, misalnya tulisan menjadi agak berbayang. Solusi yang aku pakai adalah hanya menggoyang-goyangkan kabel konektor monitor ke VGA. Dari penelusuran di Google, tampaknya konektor analog memiliki masalah sinyal sehingga menggoyangkan kabel konektor bisa membuat sinyal menjadi “lebih lancar”, sedangkan konektor DVI sudah tidak perlu mengalami masalah seperti ini lagi.

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Trouble Shooting di Komputer dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengatasi Trouble Shooting di Komputer ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2011/06/trouble-shooting-komputer.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengatasi Trouble Shooting di Komputer ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengatasi Trouble Shooting di Komputer sumbernya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com