Selasa, 27 September 2011

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

| Selasa, 27 September 2011 | 3 komentar

Tentunya sangat menyenangkan dapat bepergian ke berbagai daerah untuk mengilangkan kepenatan. Sayangnya, ada sebagian orang yang takut ketinggian sehingga bepergian dengan pesawat terbang, rasanya jadi hal yang hampir mustahil. Kesempatan untuk bisa jalan-jalan keluar negeri pun terbatas dan tidak bisa menikmati perjalanan.



Hal tersebut dinamakan Aerophobia, yaitu keadaan dimana seseorang takut berada di dalam pesawat atau benda terbang lainnya. Jika Anda termasuk penderita Aerophobia, jangan biarkan ketakutan itu membuat Anda kehilangan pengalaman yang baru dan menyenangkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut saat terbang dengan pesawat. Bagaimana caranya? Simak tipsnya seperti dikutip dari Helium.

1. Jangan Terbang Sendiri
Ajaklah teman agar merasa lebih nyaman dalam penerbangan. Mungkin teman Anda tidak mengetahui penyakit takut terbang Anda tapi bersikaplah normal seolah-olah tidak ada masalah dengan penerbangan kalian. Namun, jika teman Anda tahu akan phobia Anda maka mintalah dia untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa takut tersebut.

2. Sibukkan Diri
Menghitung setiap detik, menit dan jam di ruangan tertutup yang berada di atas ketinggian 4000 kaki merupakan kegiatan yang membosankan. Perjalanan akan terasa lebih cepat jika Anda melakukan kegiatan untuk menghilangkan rasa takut. Membaca buku atau majalah misalnya, akan membuat Anda berkonsentrasi pada kalimat-kalimat yang Anda baca dan tak terasa pesawat sudah mendarat.

3. Rileks
Alihkan ketakutan Anda dengan DVD player yang ada di depan kursi Anda. Dengarkan musik dan tontonlah film selama penerbangan. Buat diri Anda senyaman mungkin dengan adanya hiburan yang sudah disediakan maskapai. Tidak lupa keraskan volume earphone agar Anda tidak mendengar suara mesin pesawat yang membuat Anda takut.

Sempatkan diri Anda untuk melakukan meditasi di kursi penumpang selama yang Anda butuhkan. Tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan akan memberi udara baru pada otak kita.

4. Tidur
Penerbangan memakan waktu lama? Sudah bosan dengan dengan segala aktivitas untuk mengalihkan rasa takut? Cobalah untuk tidur. Tidur dapat meminimalisasi rasa takut Anda. Jangan lupa untuk membawa bantal atau boneka kesayangan Anda. Selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, waktu tidak akan terasa begitu lama.

5. Pesawat Sama dengan Mobil
Adanya ketakutan pada ketinggian dan timbulnya kecemasan yang luar biasa dapat terjadi pada penderita Aerophobia. Berpikirlah Anda tidak sedang terbang di udara melainkan berada di dalam mobil yang biasa Anda naiki dari rumah menuju kantor Anda. Pikirkan mobil Anda yang selalu melewati tempat-tempat yang Anda suka.

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2011/09/cara-mengatasi-rasa-takut-naik-pesawat.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat sumbernya.

3 komentar:

  1. itu kaya aku. takut tinggi sama naik benda terbang. pgn ke thailand sama korea, doain ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak mau rasa takutku naik pesawat, membuat aku gak jadi bepergian ke beberapa propinsi di Indonesia dan negara tetangga.

      Hapus

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com