Jumat, 14 Oktober 2011

Kenapa Api Berwarna-warni?

| Jumat, 14 Oktober 2011 | 2 komentar

Amati api lilin, warnanya kuning, tapi coba lihat api yang keluar dari kompor gas, apinya berwarna biru. Mungkin juga agan pernah lihat api yang keluar dari api unggun, kadang merah, kuning, oranye, putih, hijau. Kenapa api bisa berwarna warni begitu? Benarkah warna terpanas itu adalah biru? Kenapa bukan warna lain?

Api berwarna warni disebabkan oleh: Specktrum Warna, reaksi kimia, dan Unsur kimia.

Yang paling diperlukan dalam proses pembuatan api adalah bahan bakar dan oksigen. Hasil dari pembakaran adalah air dan karbondioksida (CO2). Kekurangan Oksigen akan menyebabkan efisiensi pembakaran menjadi berkurang, dan akan menghasilkan partikel karbon berupa asap atau jelaga. [Coba agan-agan lihat dasar panci yang hitam yang digunakan pada kompor minyak tanah atau kayu bakar.]




Perhatikan juga bagaimana penjual sate mengipasi arangnya agar proses pembakaran pada arang menjadi lebih sempurna dengan memberi oksigen, atau kalau agan melihat tukang las, mereka menggunakan campuran oksigen dan gas asetilen yang dapat mencapai temperatur 3.300 oC.


Bahan bakar yang “bersih” adalah gas, bisa dipastikan hampir 100 % proses pembakaran menghasilkan CO2 dan uap air. Senyawa Hidrokarbon yang ada di dalam kompor gas memiliki molekul-molekul yang memancarkan energi dalam bentuk cahaya berwarna biru dan hijau, warna itulah yang kita lihat sebagai “api biru” pada kompor gas.

Sebagai tambahan, dalam acara api unggun, agan bisa mendapatkan warna warni api yang muncul, tergantung unsur kimia apa yang ikut terbakar disana. Sodium, menghasilkan warna kuning cerah, Kalsium, menghasilkan cahawa merah tua, Fosfor menghasilkan warna kehijauan. Indah juga ya gann...

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Kenapa Api Berwarna-warni? dan anda bisa menemukan artikel Kenapa Api Berwarna-warni? ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2011/10/kenapa-api-berwarna-warni.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kenapa Api Berwarna-warni? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Kenapa Api Berwarna-warni? sumbernya.

2 komentar:

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com