Langsung ke konten utama

Shalat Itu Menyehatkan Tubuh

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.


Allah, Sang Maha Pencipta, tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanNya, khususnya manusia. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. Misalnya, puasa, perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh para medis dan ilmuwan dunia barat. Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka.

Begitu pula dengan shalat. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:

Takbiratul Ihram
Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar tlinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.



Ruku’
Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.



I’tidal
Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I’tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.


Sujud
Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.



Duduk di antara sujud
Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.


Salam
Gerakan memutar kepala ke kanan dank e kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Latihan Memperbaiki Tulang Punggung Belakang Bungkuk

Beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa menjadi faktor seseorang memiliki postur tubuh yang kurang cantik. Sehingga ini membuat penampilan Anda menjadi kurang cantik dan terkadang membuat Anda menjadi malu dan tidak percaya diri.
Postur tubuh yang buruk ini biasanya disebabkan oleh cara duduk yang salah, sering membawa tas berat, tidur dengan bantal tinggi, sering menggunakan sepatu hak tinggi atau kelebihan berat badan. Dengan postur tubuh yang buruk akan menimbulkan beberapa efek seperti sakit pinggang, nyeri pada punggung dan juga mudah lelah.
Ini semua bisa Anda perbaiki dengan latihan ringan untuk menjadikan penampilan kembali menarik dan membuat Anda percaya diri, sbb tips-tipsnya:

Pertama. Melakukan beberapa latihan peregangan (streching) secara teratur untuk membantu melebarkan bahu sehingga tidak condong ke depan dan dapat meningkatkan fleksibilitas.

Kedua. Latihlah berdiri dan duduk dengan posisi tulang belakang lurus serta letak pundak dan bahu yang tegak dengan kedua tela…

Cara Melacak Nomor Handphone (No. HP) Seseorang

Jika kamu sering dimisscall orang, di isengin orang MARAH! Kamu bisa mengecek lokasi mereka, mendeteksi di daerah mereka tinggal, kota penelpon kita . .
Silahkan pakai HLR Lookup Search

Nah disitu kita tinggal memasukkan no telepon yang mau kita lacak lalu klik search.
Berikut Daftar Operator yang dapat dideteksi : 1. Telekomunikasi Selular [Kartu Halo, Simpati, Kartu AS] 2. Indosat (Cellular) [IM3, Mentari, Matrix] 3. Indosat (Fixed) [Starone] 4. Excelcomindo Pratama [XL] 5. Hutchison CP Telecommunications [Three] 6. Natrindo Telepon Seluler [Axis] 7. Bakrie Telecom [Esia] 8. Telekomunikasi Indonesia [PSTN, Flexi] 9. Mobile-8 Telecom (Cellular) [Fren] 10. Mobile-8 Telecom (Fixed) [Hepi] 11. Smart Telecom [Smart] 12. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia [Ceria] 13. Pasifik Satelit Nusantara [Byru]
NB: Kelemahan HLR Lookup yaitu : lokasi yang dapat dilacak hanya lokasi pendaftarannya saja. Jadi kalo pemilik HP uda lari ke tempat lain ya nda bekal ketemu deh
Hasil deteksinya pun Sangat Akurat.

Ini adalah has…

Menambah Font Style pada MS Office

Menambah Font Style pada MS Office | Font-font pada Ms Office, misalnya Word, Powerpoint, dan Excel memiliki berbagai macam Font Style. Namun, font style bawaan mereka terlalu sedikit dan monoton atau terlalu simpel. Jadi, jika ingin membuat dokumen dengan font style yang lebih stylish kita harus menambahkannya sendiri. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah.



Pertama download dulu font style nyadisini.
Karena file nya berbentuk .RAR maka harus di ekstrak terlebih dahulu.Buka foldernya, kemudian Select all dengan cara menekan tombol CTRL+A pada keyboard, lalu copySelanjutnya, klik start pada windows>Control Panel>Paapearence and Personalization>FontLalu paste file tadi di situ. SELESAI!!! Anda dapat mengeceknya dengan membuka MS Offici. Font ini akan otomatis tersimpan pada windows, jadi sebenarnya tidak hanya menambah font style pada Ms Office saja, namun juga akan menambah font style pada setiap program yang menggunakan teks. Misalnya Photoshop. Corel, dan lain-lain...