Jumat, 30 Desember 2011

Cara Mengatasi/Mengobati Kulit Kaki Pecah dan Kapalan

| Jumat, 30 Desember 2011 | 0 komentar



Kaki yang pecah-pecah membuat kecantikan perempuan kurang lengkap. Apalagi kalau terjadi kapalan di bagian tertentu. Coba cara berikut untuk mengatasinya. 

Gara-gara kaki perempuan, sejarah Nusantara bisa berubah. Itu terjadi pada Ken Dedes. Gara-gara kain Ken Dedes tersingkap, Ken Arok terpesona melihat keindahan betis dan kakinya. Sejarah kemudian menuliskan Ken Arok bertahta sebagai raja Kerajaan Singasari dengan Ken Dedes sebagai permaisurinya. Kisah itu pun menyiratkan, kaki yang indah menambah poin daya tarik seorang perempuan. Sebaliknya, kaki kering dan pecah-pecah bakal menurunkan daya tarik itu.



Layak Diperhatikan

Seperti anggota tubuh yang lain, sebenarnya kaki juga layak mendapat perhatian ekstra. Jika rambut secara berkala mendapat perawatan creambath, kaki juga layak dimanjakan dengan pedikur untuk membersihkan kuku dan sel-sel kulit mati di sekitar kaki.

Memang sudah selayaknya kita memanjakan kaki karena kaki sudah bekerja keras sepanjang hari. “Kaki memiliki tugas berat sebagai penyangga tubuh kita,” kata Djoko Kurniawan, brand manager produk perawatan kulit Erhalogy. Kaki yang sehat dan indah pasti akan menambah rasa percaya diri dan siap membawa tubuh kita ke mana pun pergi.



Mungkin karena kesibukan dan sering ditutup sepatu, kecantikan kaki sering terabaikan. Tanpa disadari kemudian muncul masalah, mulai dari kaki bau, kulit sangat kering, pecah-pecah. “Selain kaki kering dan pecah-pecah, masalah yang sering dialami perempuan Indonesia adalah penebalan di bagian tertentu kulit kaki. Ini sering kita sebut kapalan atau callus dalam bahasa kedokteran,” sebut Dr Indrawati Widjaja, SpKK, dokter spesialis kulit dari Erha Institute Jakarta.

Kulit kaki dan tumit yang ekstra kering itu terjadi karena jenis kulit yang memang kering, kelainan kulit bawaan, terjadi dehidrasi atau kekurangan air pada kaki. Jenis kulit kaki yang kering bakal tambah parah jika terpapar pendingin udara atau terpapar cuaca kering terus-menerus. Belum lagi jika kaki juga terpapar zat-zat kimia dari deterjen, pembersih lantai, dan lain-lain. “Karena itu, usahakan menggunakan alas kaki saat mencuci atau membersihkan lantai,” kata Dr Indrawati.

“Kalau masalah penebalan atau kapalan pada kaki, terutama terjadi pada bagian yang sering bergesekan dengan sepatu atau sandal. Biasanya penebalan kulit ini terjadi karena penggunaan sepatu hak tinggi, gangguan dari tulang metatarsal, ketidaknormalan cara berjalan, atau oleh obesitas,” paparnya.

*beberapa tips memperbaiki dari kapalan dan pecah-pecah*




Rendam Air Hangat
Untuk masalah kulit kaki kering, ia menyarankan untuk tak lupa mengoleskan body lotion di daerah kaki. “Tetapi, bukan sembarang body lotion. Pilih yang mengandung banyak pelembab,” katanya. Selain mengoleskan pelembab, jangan lupa merendam kaki selama setengah jam dalam air hangat seminggu dua atau tiga kali. “Setelah itu bersihkan kaki dengan sikat lembut. Untuk mengikis sel-sel kulit mati dan kulit yang kapalan, kaki bisa digosok menggunakan scrub atau batu apung,” ujarnya.






Dr Indrawati mengingatkan bahwa kulit kapalan harus benar-benar siap terlebih dahulu sebelum digosok dengan scrub atau batu apung. Kulit di bagian itu harus dilunakkan dulu dengan produk yang mengandung asam salisilat, asam laktik, dan karbamid. Asam salisilat berfungsi melepaskan dan menghilangkan sisik pada lapisan stratum korneum. Asam laktik berfungsi meningkatkan kadar air pada kulit, sedangkan karbamid sebagai pelembab pada kulit kaki kering.

Cara Mudah Percantik Kaki

1. Manjakan kaki dengan pedikur.
Jangan lupa minta pada terapis kaki Anda untuk memoles kutek pada kuku kaki. Kaki Anda bakal terlihat indah dan terawat.

2. Hindari duduk terlalu lama.
Duduk terlalu lama akan membuat kaki bengkak.

3. Batasi asupan garam.
Ini juga akan membuat kaki Anda bengkak.

4. Batasi pemakaian stiletto.
Memang Anda jadi terlihat seksi dan menarik bila memakai stiletto, tetapi sebaiknya jangan terlalu lama memakainya. Sepatu ini oke jika dipakai ke pesta, tetapi kurang nyaman bila dipakai ke kantor.

5. Oleskan minyak zaitun.
Pilih minyak zaitun jenis extra virgin. Jenis zaitun ini adalah sumber vitamin E yang baik dan bisa jadi pelembab untuk mengatasi tumit dan kaki kering.

6. Tambahkan susu atau minyak esensial.
Teteskan minyak esensial kesukaan Anda pada air rendaman kaki. Anda rileks, kaki pun jadi cantik. Anda juga bisa memanjakan kaki dengan mandi susu karena susu bisa melembutkan dan melembabkan kaki.

7. Coba pijat refleksi kaki.
Pijat ini bersifat merilekskan. Tawaran pijat refleksi sekarang mudah ditemui. Bahkan, ada yang menawarkan pijat refleksi sekaligus pedikur! (Gaya Hidup Sehat)

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi/Mengobati Kulit Kaki Pecah dan Kapalan dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengatasi/Mengobati Kulit Kaki Pecah dan Kapalan ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2011/12/cara-mengatasimengobati-kulit-kaki.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengatasi/Mengobati Kulit Kaki Pecah dan Kapalan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengatasi/Mengobati Kulit Kaki Pecah dan Kapalan sumbernya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com