Sabtu, 07 Januari 2012

Mengatasi Kegemukan Pada Tubuh

| Sabtu, 07 Januari 2012 | 5 komentar

Anda terbiasa makan dgn cepat hingga kekenyangan? Mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut jika tak ingin kegemukan. Sebuat riset yang dilakukan oleh Professor Hiroyasu Iso, dari Osaka University Jepang menunjukkan bahwa mereka yang makan dgn cepat sampai kekenyangan lebih berisiko mengalami kegemukan.



Riset yang dilakukan pada 1122 pria dan 2165 wanita dgn rentang usia 30-69 tahun tersebut meneliti sejarah kebiasaan makan yang menyebabkan kegemukan. Hasilnya, 50,9% responden pria dan 58,4 responden wanita mengaku memiliki kebiasaan makan hingga kenyang. Sedangkan 45,6% responden pria dan 36 % responden wanita mengatakan mempunyai kebiasaan makan cepat.

Laporan penelitian yang dimuat di British Medical Journal pekan lalu tersebut menunjukkan, responden dgn kebiasaan makan cepat dan kekenyangan memiliki indeks massa tubuh dan asupan energi lebih besar. Hal ini menyebabkan risiko kegemukan tiga kali lipat lebih besar daripada mereka yang makan dgn lambat dan tidak sampai kekenyangan. 

Kebiasaan makan cepat hingga kekenyangan ini dipicu juga dgn kesalahan pola makan yang diterapkan dalam keluarga. Misalnya makan dgn porsi berlebihan, fast food, dan makan sambil melakukan kegiatan lain misalnya menonton televisi.

Elizabeth Denney-Wilson dari University of New South Wales dan Karen Campbell dari Deakin University Australia mengungkapkan, para orang tua di seluruh dunia saat ini memiliki peran besar sebagai pemicu kegemukan. 

Banyak orang tua yang memarahi anaknya jika makan lambat-lambat. Mereka mengira, makan dgn cepat lebih baik untuk kesehatan. Menurut Denney-Wilson dan Campbell, dokter seharusnya menganjurkan para orang tua untuk memperbaiki kebiasaan makan anaknya. 

Usahakan untuk makan secara perlahan dan mengunyah tak tergesa-gesa. Hindari juga makan terlalu kenyang. Kedua hal itu dapat mencegah kelebihan berat badan dan obesitas.

Jika memiliki kebiasaan makan cepat-cepat hingga merasa kekenyangan sebaiknya mengubah kebiasan itu. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW saat mengatakan rahasia sehat dari penduduk Madinah, yaitu :

1. Tidak akan makan sebelum lapar.
2. Apabila makan, akan berhenti sebelum kenyang.
3. Hanya makan yang halal dan baik.
4. Makan untuk bertaqwa,bukan untuk selera.

Oke semua! Jadi, mulai sekarang, hilangkan kebiasaan makan dgn cepat dan terburu-buru. Terapkan cara makan yang benar pada Anda dan keluarga. Makanlah dgn tenang, kunyahlah hingga makanan tercerna dgn benar. Risiko obesitas pun berkurang.

Silahkan Share yah sob! :
Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Kegemukan Pada Tubuh dan anda bisa menemukan artikel Mengatasi Kegemukan Pada Tubuh ini dengan url http://zidiyuto.blogspot.com/2012/01/mengatasi-kegemukan-pada-tubuh.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengatasi Kegemukan Pada Tubuh ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengatasi Kegemukan Pada Tubuh sumbernya.

5 komentar:

Silahkan berkomentar kepada sobat blogger semua. Diharapkan komentar yang berkaitan dengan isi dari blog ini. Terima Kasih.



TULISKAN KOMENTAR DI BAWAH!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Sobat Blogger

About Me

Foto Saya
Saya adalah seseorang yang senang berbagi. Oleh karena itu mari kita saling berbagi informasi di dunia maya ini.

My Status

© Copyright 2012. zidiyuto.blogspot.com . All rights reserved | zidiyuto.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com